Bahasan tentang virus, spam / spamming, trojan, worm, hoax, dan backdoor


Mungkin tidak begitu asing dengan istilah – istilah tersebut. Istilah – istilah tersebut mengambil istilah dari bidang ilmu lain, dan memiliki makna yang hampir serupa.

  • virus = program software yang mampu mereproduksi dirinya sendiri dan biasanya mampu menyebabkan kerusakan pada file atau program lain pada komputer yang sama. Virus yang sebenarnya tidak dapat menyebar ke komputer lain tanpa campur tangan manusia. (www.cogsci.princeton.edu/cgi-bin/webwn?stage=1&word=virus)
  • spam / spamming = penggunaan media komunikasi elektronik untuk mengirimkan pesan dalam jumlah besar. Bentuk spam biasanya berupa iklan komersial. (http://en.wikipedia.org/wiki/Spamming)
  • trojan = program yang terlihat bagus, namun sebenarnya berisi sesuatu yang membuat kerusakan, misalnya virus atau worm. Program ini bisa saja terdapat dalam program, game, file document, spreadsheet, yang tanpa kita tahu, ada trojan di dalamnya. (http://www.cogsci.princeton.edu/cgi-bin/webwn?stage=1&word=trojan) Ingat kuda troya / trojan horse dalam film Troy kan?.
  • worm = program software yang dapat mereproduksi dirinya sendiri dan dapat menyebar dari sebuah komputer ke komputer lainnya melalui sebuah network / jaringan komputer (LAN, WAN, Internet). Worm menyebarkan dirinya dengan mengambil keuntungan pada fitur – fitur yang ada pada komputer (seperti e-mail, messenger, network). (www.cogsci.princeton.edu/cgi-bin/webwn?stage=1&word=worm)
  • hoax = adalah usaha untuk menipu orang lain agar mempercayai bahwa sesuatu yang salah adalah nyata. (http://en.wikipedia.org/wiki/Hoax). Meskipun kurang berhubungan langsung dengan dunia komputer, hoax sangat berpengaruh karena informasi yang ada di dalamnya. Hoax ibarat gosip, tapi informasi yang diberikan terkesan nyata. Bahkan banyak orang yang terperdaya.
  • backdoor = kadang dikenal juga dengan sebutan trapdoor, yang merupakan cara yang sengaja tidak didokumentasikan untuk mendapatkan akses terhadap program atau servis / pada suatu sistem komputer. Backdoor dibuat oleh programmer yang membuat kode dalam program dan hanya diketahui oleh programmer itu sendiri. Backdoor lebih banyak berakibat pada resiko keamanan komputer. (www.cert.org/homeusers/HomeComputerSecurity/glossary.html)

About yudhieakaburet

yudhie....dah kuyus item...so junkis (rada jangkung ipis deui). Orang sunda nu biasa nga bacot. masih banyak kekurangan yang harus temen-temen koreksi ya sebagai manusia mana ada si yang sempurna gt. segala suatu kesempurnaan hanya milik tuhan qta smua 4JJ i semoga qta tergolong hambanya yang soleh. Amin. View all posts by yudhieakaburet

You must be logged in to post a comment.